Membuat spreadsheet unggahan massal


Help us improve:
Which statement best describes your Google My Business account?

Baca daftar masalah umum ini untuk memastikan bahwa spreadsheet yang Anda unggah dapat diverifikasi secepat mungkin.

Spreadsheet unggahan massal memungkinkan Anda mengumpulkan informasi untuk beberapa lokasi dalam satu tempat, dan mengunggah data untuk memverifikasi beberapa lokasi bisnis sekaligus. Untuk membuat spreadsheet:

  1. Buka layar “Impor lokasi” di Google Bisnisku – Lokasi.
  2. Klik Unduh template untuk mengunduh spreadsheet kosong. Spreadsheet .csv akan diunduh dalam bahasa yang Anda gunakan untuk menjelajahi alat Lokasi. Jika Anda mengalami masalah dengan file .csv, salin baris header dari contoh ini.
  3. Ikuti petunjuk di bawah untuk setiap bidang. Anda tidak harus melengkapi semua bidang sebelum mengunggah spreadsheet. Anda akan diminta untuk mengisi setiap sel yang kosong di bawah header yang wajib diisi.

    Jika Anda hanya memperbarui bidang tertentu untuk lokasi yang sudah ada, Anda dapat menyertakan hanya kolom untuk kode toko dan bidang yang ingin diubah, dan membiarkan kolom lainnya tetap kosong. Jika lokasi baru juga ditambahkan secara tidak sengaja, Anda akan diberi tahu bahwa Anda melewatkan header kolom yang wajib diisi.Anda juga akan melihat kesalahan yang memerlukan tindakan disorot di akun. Pelajari lebih lanjut tentang pesan kesalahan

Bidang wajib diisi Bidang tambahan
Kode toko
Nama bisnis
Alamat baris 1
Kota
Negara bagian/provinsi
Kode pos
Negara
Telepon utama
Kategori utama
Alamat baris 2
Telepon lainnya
Situs web
Kategori tambahan
Jam buka
Foto
Lintang dan bujur
Deskripsi
Label
Telepon ekstensi lokasi AdWords

Bidang wajib diisi

Kode toko

ID unik yang Anda tetapkan bagi setiap lokasi untuk memastikan perubahan diterapkan secara akurat di akun Anda. Nilai ini tidak akan terlihat oleh publik di mana pun di Google.

Cara mudah untuk membuat kode toko yang dapat diterima adalah dengan melabeli lokasi dengan pengenal merek dan nomor (misalnya, "GOOG1" untuk lokasi pertama, "GOOG2" untuk yang kedua, dst.) dan menggunakan Google Spreadsheet untuk melanjutkan penomoran semua lokasi.

Kode toko harus:

  • unik untuk lokasi yang spesifik
  • panjangnya kurang dari 60 karakter
  • tidak memiliki spasi baik di depan maupun di belakang
  • tidak berisi karakter khusus (misalnya. <,>) atau berisi URL

Sebaiknya cantumkan nama merek di kode toko Anda untuk menghindari kebingungan di antara spreadsheet (untuk akun bisnis terpisah atau akun pribadi).

Contoh:
G1, G2, G3
Goog101, Goog102, Goog103
GPasarSanta, GPondokIndah, GKasablanka

Jangan menyimpan kode toko lama bila salah satu lokasi Anda pindah ke alamat baru. Sebaliknya, hapus lokasi lama dan tambahkan lokasi baru dengan kode toko yang baru.

Jika Anda belum menyertakan kode toko untuk beberapa lokasi, atau Anda menggunakan kode toko yang sama untuk beberapa lokasi di akun, Anda perlu memperbaikinya sebelum mengimpor spreadsheet baru. Pelajari lebih lanjut kode toko duplikat atau kode toko tidak ada.

Nama bisnis

Nama bisnis Anda yang akan muncul di Google. Nama bisnis akan mewakili tampilan bisnis Anda persis seperti di dunia nyata. Panjang nama bisnis Anda harus kurang dari 60 karakter. Anda dapat mengapitalkan huruf pertama setiap kata atau memasukkan akronim maksimum 4 huruf. Namun, Anda tidak dapat membuat semua kata dengan huruf besar.

Jika bisnis Anda berada dalam mal atau toko grosir (misalnya, J.CO di dalam Mal Pondok Indah), jangan sertakan informasi ini di judul. Hanya sertakan nama bisnis inti di nama lokasi (mis. "J.CO").

Alamat baris 1

Alamat lokasi yang akurat. Tambahkan informasi alamat tambahan yang berguna di Alamat baris 2. Informasi tersebut dapat meliputi nama pusat perbelanjaan, perempatan, dan informasi alamat lain yang sekiranya penting. Lihat format alamat yang valid dan praktik terbaik di pedoman kualitas dan pedoman alamat kami. (Maksimum 80 karakter)

Kota

Kota tempat bisnis Anda. (Maksimum 80 karakter)

Negara bagian/provinsi

Negara bagian/provinsi tempat bisnis Anda. Akan lebih baik jika menggunakan singkatan yang umumnya dipakai untuk wilayah Anda, seperti Jatim untuk Jawa Timur atau NTT untuk Nusa Tenggara Timur. (Maksimum 80 karakter)

Kode pos

Kode pos yang valid di negara tempat bisnis Anda. Jika kode pos diawali dengan angka nol, pastikan bahwa format spreadsheet Anda tidak menghapus angka nol yang menjadi digit pertama.

Negara

Nama lengkap negara. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kode negara ISO 3166-1 alpha-2. Lihat daftar semua negara yang didukung Google Bisnisku

Telepon utama

Nomor terbaik yang dapat digunakan pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda. Nomor telepon ini bisa berupa nomor untuk perangkat seluler atau telepon rumah (bukan nomor faks). Nomor telepon bebas pulsa sebaiknya diketik menggunakan angka. Berikan nomor telepon yang dapat langsung terhubung ke lokasi Anda. Misalnya, sebaiknya Anda memberikan nomor telepon lokasi individual, bukan pusat panggilan. Nomor telepon harus valid di negara tempat lokasi Anda berada.

Catatan: Jika Anda memasukkan situs web untuk suatu lokasi, bidang Telepon utama tidak perlu diisi.

Kategori utama

Kategori yang paling mewakili bisnis Anda. Kategori ini harus konsisten di seluruh lokasi. Jika Anda memiliki beberapa jenis lokasi (misalnya, submerek, beberapa departemen, atau berbagai jenis operasi seperti retail, pusat distribusi, dan kantor), aturan ini hanya berlaku di setiap subgrup tersebut. Baca pedoman kami untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang cara menggunakan kategori, dan lihat kategori umum.

Pilih kategori yang melengkapi pernyataan: "Bisnis ini ADALAH" bukan " bisnis ini MEMILIKI". Deskripsikan bisnis Anda secara holistik, bukan mencantumkan layanan yang ditawarkan, produk yang dijual, atau fasilitas yang diberikan. Misalnya, jika lokasi Anda adalah hotel dengan ATM, jangan memasukkan kategori "ATM". Sebaliknya, penyedia ATM harus membuat lokasi terpisah dan menambahkan "ATM" sebagai salah satu kategorinya.

Anda juga dapat menambahkan kategori tambahan.

Untuk menambahkan kategori utama:

  1. Buka laman Tambahkan bisnis Anda di Google Bisnisku.
  2. Pilih negara Anda dari menu tarik-turun.
  3. Pada bagian “Kategori”, mulai ketik kategori yang paling menggambarkan bisnis Anda. Pelengkapan otomatis akan menyarankan kategori yang didukung.
  4. Klik lalu salin kategori pilihan Anda.
  5. Tempel nama kategori yang didukung ke kolom "Kategori utama" dari spreadsheet Anda. Kategori utama yang Anda tetapkan menentukan ikon yang ditampilkan untuk lokasi di Google Maps.

Jika Anda tidak melihat kategori yang diinginkan muncul, pilih opsi yang paling mendekati. Jika tidak ada kategori yang paling sesuai untuk bisnis Anda, Anda dapat meminta agar kategori tersebut ditambahkan dengan mengeklik Masukan di menu tiga garis . Kami akan mempertimbangkan permintaan tersebut saat melakukan revisi berkala pada daftar kategori.

Sebelumnya, Google Bisnisku menggunakan rangkaian standar kategori yang berbeda. Kategori dan kode numerik format bebas tidak lagi didukung.

Bidang tambahan

Selain informasi wajib di atas, Anda dapat menambahkan bidang tambahan berikut. Setiap negara memiliki rangkaian nilai bidang tambahan yang berbeda, jadi pastikan nilai yang Anda gunakan sesuai untuk negara tempat bisnis Anda berada.

Alamat baris 2

Baris kedua untuk alamat jalan bisnis. Gunakan bidang ini untuk memasukkan informasi alamat yang lebih luas atau kurang penting dibanding yang disertakan di Alamat baris 1.

Bergantung pada negara Anda, Anda dapat menyertakan informasi seperti lingkungan, bangunan terkenal, kotak surat, nomor bangunan, persimpangan jalan, atau informasi alamat lainnya. Lihat format alamat yang valid dan praktik terbaik dipedoman kualitas Google Bisnisku. (Maksimum 80 karakter)

Telepon lainnya

Maksimal 2 nomor telepon (ponsel atau telepon rumah, bukan faks) yang dapat digunakan untuk menghubungi bisnis Anda, selain nomor telepon utama.

Situs web

URL situs web yang terkait dengan bisnis. Masukkan URL lengkap, termasuk http:// atau pun https://. Panjang URL yang akan ditampilkan maksimal 256 karakter.

Kategori tambahan

Maksimal 9 kategori tambahan yang mewakili bisnis Anda. Seperti pada kategori Utama, pilih kategori yang melengkapi pernyataan: "Bisnis ini ADALAH" bukan "bisnis ini MEMILIKI". Untuk menambahkan kategori tambahan:

  1. Kunjungi Google Bisnisku – Lokasi.
  2. Pilih Tambahkan lokasi.
  3. Mulai ketik nama negara tempat lokasi Anda berada, dan pilih negara yang didukung.
  4. Klik kotak teks "Kategori". Mulai ketik kategori yang sesuai dengan bisnis Anda; pelengkapan otomatis akan menampilkan kategori yang didukung.
  5. Salin kategori yang dipilih.
  6. Tempel nama kategori yang didukung ke kolom "Kategori tambahan" pada spreadsheet. Pisahkan setiap kategori dengan menggunakan koma.

Jam buka

Jam buka bisnis. Masukkan jam untuk setiap hari dalam masing-masing kolomnya. Anda dapat memasukkan jam dalam format 24 jam:

HH:MM-HH:MM

atau format AM/PM:

HH:MMAM-HH:MMPM

Lihat contoh untuk berbagai jenis jam buka:

Jam standar

  • 09:00AM-05:00PM
  • 09:00-17:00

Tutup tengah malam

  • 09:00AM-12:00AM
  • 09:00-00:00

Buka 24 jam

  • 12:00AM-12:00AM
  • 00:00-00:00

Tutup sepanjang hari

  • x
  • (atau biarkan sel spreadsheet kosong)

Buka sampai lewat tengah malam. Sertakan jam ini di kolom untuk hari saat sesi tersebut dimulai.

  • 06:00PM-02:00AM
  • 18:00-02:00

Buka untuk dua sesi jam dalam satu hari. Tidak boleh ada lebih dari dua sesi per hari.

  • 11:30AM-02:00PM, 05:00PM-10:00PM
  • 11:30-14:00, 17:00-22:00

Anda juga dapat menambah jam khusus.

Di bawah ini adalah petunjuk untuk format jam spreadsheet lama yang masih didukung, namun akan dihapus dalam waktu dekat.

Format jam yang lama

Foto

Foto yang menggambarkan bisnis Anda. Foto yang muncul untuk bisnis Anda di Google berasal dari foto yang Anda tambahkan serta dari berbagai sumber lainnya. Semua foto yang Anda tambahkan harus mematuhi pedoman kami. Setelah lokasi diverifikasi, Anda dapat menambahkan foto dengan dua cara:

  1. Masukkan URL ke lokasi foto di kolom "Foto" pada spreadsheet Anda. Perhatikan bahwa URL foto untuk lokasi dengan status "Belum dipublikasikan" akan diabaikan.
  2. Tambahkan foto langsung ke laman Google+ lokal untuk lokasi Anda.

Klik gambar mini foto untuk melihatnya di laman Google+ lokal untuk lokasi tersebut.

Catatan: Jika sebelumnya Anda menambahkan foto ke akun yang belum diverifikasi, URL untuk foto tersebut tidak akan muncul kembali di spreadsheet Anda. Untuk menambahkan foto tersebut, minta verifikasi massal, lalu ikuti langkah-langkah di atas.

Lintang dan bujur

Lintang dan Bujur hanya didukung untuk lokasi di Brasil, India, Indonesia, Meksiko, dan Rusia.

Anda dapat menyediakan lintang dan bujur untuk lokasi baru guna membantu kami meletakkannya di peta. Lintang dan bujur hanya digunakan bila lokasi dibuat pertama kali di Google Bisnisku – Lokasi serta memenuhi kriteria lainnya, dan tidak akan dipertimbangkan apabila lokasi sudah disertakan dalam unggahan spreadsheet berikutnya untuk lokasi yang sudah ada.

Gunakan pusat lokasi Anda sebagai dasar lintang dan bujur. Kami hanya akan menggunakan lintang dan bujur apabila kami sulit menemukan alamat Anda di peta. Bahkan jika Anda memang menyediakannya, lintang dan bujur mungkin tidak digunakan oleh Google Bisnisku.

Kolom lintang dan bujur disertakan di spreadsheet unggahan massal template, namun tidak disertakan di spreadsheet contoh.

Mengunduh template

Untuk menyediakan lintang dan bujur untuk lokasi baru:

  1. Tambahkan kolom lintang dan bujur di spreadsheet. (Bisa ditempatkan di mana saja pada spreadsheet.) Tajuk kolom bergantung pada bahasa Anda:
    • Dalam Bahasa Indonesia, gunakan “Lintang” dan “Bujur” sebagai tajuk kolom.
    • Apabila dasbor Anda menggunakan bahasa selain Bahasa Indonesia, unduh spreadsheet template menggunakan petunjuk di atas dan gunakan tajuk kolom yang sama dengan template. Apa pun bahasa dasbor, Anda juga dapat menggunakan “Lintang” dan “Bujur” dalam bahasa Indonesia sebagai tajuk kolom.
  2. Tambahkan lintang dan bujur untuk setiap lokasi di baris yang sesuai.

Deskripsi

Deskripsi bisnis. Jangan sertakan tab, baris tambahan, atau baris baru untuk teks. (Maksimum 200 karakter)

Label

Label memungkinkan Anda mengatur lokasi ke dalam grup. Anda dapat menelusuri lokasi menurut label dari dasbor, dan gunakan label untuk memfilter ekstensi lokasi di AdWords.

Tetapkan hingga 10 label unik untuk setiap lokasi. Panjang label maksimal 50 karakter dan tidak boleh berisi karakter yang tidak valid (yaitu < atau >).

Untuk memasukkan koma di nama label, gunakan string "%2c" di spreadsheet. Misalnya, “1%2c000+ Pengunjung Harian” akan membuat label “1.000+ Pengunjung Harian”.

Saat Anda menelusuri label di kotak telusur, hasilnya akan mencakup semua lokasi yang mengandung label tersebut serta lokasi yang berisi teks penelusuran Anda di bidang yang berbeda. Misalnya:

Lokasi 1 berlabel “Jakarta Selatan”. Lokasi 2 berlabel “Jakarta Barat” dan memiliki alamat baris 1 “Jl. Hayam Wuruk Selatan No 22”. Mengetik “selatan” di kotak telusur akan mengembalikan kedua lokasi.

Telepon ekstensi lokasi AdWords

Nomor yang digunakan di iklan ekstensi lokasi melalui AdWords. Iklan ekstensi lokasi Anda dapat menampilkan nomor telepon yang berbeda dari yang Anda berikan kepada kami untuk ditampilkan di Google Maps. (Misalnya, Anda mungkin ingin memberikan nomor telepon bebas pulsa untuk pemesanan dalam iklan AdWords Anda, tetapi perlu memberikan nomor telepon lokal untuk ditampilkan dalam hasil penelusuran lokal).

Nomor ini bisa sama atau berbeda dari nomor telepon yang telah diberikan sebagai nomor telepon utama. Ini bisa berupa nomor bebas pulsa atau nomor pusat panggilan. Satu nomor dapat digunakan untuk beberapa lokasi.

Masukan ini harus sesuai dengan spesifikasi ekstensi telepon AdWords. Perhatikan bahwa AdWords tidak mengizinkan disertakannya nomor premium (misalnya nomor 1-900 di AS, dan nomor 871 di Inggris) yang mengharuskan pengguna membayar biaya tambahan.

Bidang tidak berlaku lagi

Bidang yang didukung di Google Bisnisku – Lokasi terkadang berubah sesuai dengan informasi yang ditampilkan kepada pengguna di Penelusuran dan Maps. Lihat di bawah ini untuk daftar bidang yang tidak lagi didukung di alat Lokasi. Anda harus menghapus setiap kolom bidang tersebut dari file Anda sebelum mengimpornya ke Google Bisnisku – Lokasi.

  • URL Ikon Iklan
  • URL Laman Landas Iklan
  • Telepon Alternatif. Telepon alternatif kini menjadi "Telepon lainnya".
  • Kategori. Bidang ini telah digantikan oleh "Kategori utama" dan “Kategori tambahan”.
  • Email
  • Faks
  • Jam buka. Masing-masing hari kini memiliki kolomnya sendiri untuk jam buka.
  • Telepon utama. Tetap "Telepon utama".
  • Telepon seluler. Jika nomor ponsel adalah nomor terbaik untuk bisnis Anda, tambahkan sebagai "Telepon utama". Jika tidak, tambahkan ke bidang baru "Telepon lainnya". Setiap nomor yang sebelumnya ditetapkan sebagai nomor ponsel, telah dicantumkan kembali secara otomatis di bidang "Telepon tambahan".
  • Jenis Pembayaran
1

No Responses

Write a response